biochemist diana lestari

Selamat datang

Senin, 20 Juni 2011

logika molekul organisme hidup

oke guys, sudah lama saya tidak posting posting maaf ya! biarpun jarang posting saya tetap cinta kok sama biokimia,apa lagi untuk pembahasan yang satu ini saya belajar dari buku biokimia lehninger ini tidak terlalu sulit hanya saja membutuhkan logika kita sendiri. sebenarnya apa sih logika molekul organisme hidup itu?
   
       kita tahu bahwa benda hidup tersusun atas molekul molekul  yang tidak bernyawa .
apa tuh maksut nya? maksud nya adalah benda hidup mempunyai beberapa sifat khusus
contoh nya gini, satu di antara yang nyata dari organisme hidup adalah sifat kompleks yang teroganisasi secara baik. mereka di lengkapi oleh struktur yang ribet dan mengandung banyak molekul yang kompleks.
lebih jauh lagi terdapat sekian juta spesies yang berbeda pada organisme hidup. nah....
sebaliknya benda mati pada lingkungan kita seperti  tanah liat,pasir,batuan dan air laut biasanya terdiri dari campuran acak  dari senyawa kimia yang relatif sederhana.
     
  1. pertama, tiap kompenen organnisme hidup memiliki fungsi atau tujuan tertentu. hal ini berlaku tidak hanya pada struktur makroskopik seperti jantung paru paru dan otak tetapi juga bisa untuk struktur intraseluler contoh nya kaya inti sel. bahkan senyawa kimia di dalam sel seperti protei dan lemak mempunyai fungsi yang khusus.
  2. selanjut nya kita telah mendekati hakikat proses kehidupan. oraganisme hidup mempunyai ekstrak untuk emengubah dan menggunakan energi lingkungan nya dalam bentuk zat gizi organik dan energi pancaran sinar matahari, energi ini membangun senyawa yang kompleks dan mempertahankan hidup nya yang kaya akan energi untuk melangsugkan kerja mekanis pada pergerakan dan untuk memindahkan senyawa senyawa kimia melalui membran. dan satu yang paling penting yang harus di ingat bahwa organisme hidup tidal pernah berada dalam keadaan seimbang di dalam diri nya atau di dalam lingkungan nya. tetapi di lain pihak, benda mati tidak menggunakan energi secara terencana untuk mempertahankan struktur  nya dan untuk melakukan kerja, sebaliknya jika di biarkan benda mati cenderung terurai ke keadaan sifat yang lebih acak bersamaan dengan waktu  menuju keseimbanganya dalam lingkungan nya.
gimana?biokimia ga sulit kan kalo kita mau menggunakan dengan akal cerdas kita. ok lanjut sekrang saya akan menerjemahkan pengertian dari beberapa aksioma atau prinsip logika molekul keadaan hidup :
  • terdapat suatu kesederhanaan mendasar di dalam struktur mamakromolekular biologi, semua organisme hidup menggunakan molekul unit penyusun yang sama dan karena nya tampak nya di turunkan dari asal yang sama. identitas tiap spesies atau organisme di pertahankan oleh sekumpulan asm nukleat dan protein yang khas bagi spesies yang bersangkutan. jadi semua biomolekul mempunyai fungsi spesifik di dalam sel.
  • organisme hidup membentuk dan mempertahankan struktur fungsional nya yang kompleks dan teratur dengan mempergunakan energi bebas pada lingkungan nya. dan mengembalikan bentuk bentuk energi yang kurang bermanfaat ke lingkungan tersebut.
  • sel hidaup adalah mesin kimia yang mengatur dirinya sendiri, yang bekerja dengan azaz ekonomi maksimum.
  • informasi genetik tercantum di dalam unit unit  berukuran amat sangat kecil,unit unit ini adalah keempat jenis nukleotida yang menyusun DNA                                                                                                                                                                                                  

Tidak ada komentar: